Mengarungi mitos dari sebuah karya seni rupa lagu

Kota - Dere
Fitria Puspa Ramadhani - R4I
202146500724


Lagu yang membuat saya tertarik dan memiliki mitos "Kenangan masa lalu" bagi saya.

    Sebuah lagu yang tercipta karena kerinduannya pada suatu kota yang memiliki kenangan indah bersama seseorang yang berarti. Pada lagu tersebut, terdengar sebuah lirik "Di Kota ini sehabis hujan Desember yang lalu..", Lirik tersebut sangat mengingatkan saya pada masa lalu saya disaat kami (keluarga) berpergian menuju kampung halaman dari ibu saya. Pada saat itu memang bulan Desember dan kami keluarga besar sangat menikmati pertemuan dan saling memecahkan rindu satu sama lain. Seperti pada lirik sesudah nya hingga lagu tersebut usai, saya merasakan banyaknya sebuah kesamaan yang saya rasakan pada saat kebersamaan keluarga besar berkumpul disebuah rumah sederhana tetapi kaya akan kehangatannya.

    Mungkin terdengar cukup menyedihkan dan memalukan, karena pada tahun berikutnya saya sudah tidak merasakan kehangatan itu lagi. Pada perjalanan dan momen saat bersama dengan sosok kepala keluarga yaitu ayah, saya terlalu naif karena berfikir hal tersebut akan terus saya rasakan bahkan saat kami melewati pertambahan usia yang beriringan. Setelah perjalanan kami mengunjungi sanak saudara di kota asal ibu saya, kedua orang yang sudah merawat saya sejak lahir pun berpisah. Sejak saat itu, setiap saya mengunjungi atau mengingat kota tersebut saya merasakan sebuah kenangan yang terus menghantui dan rasa rindu yang terus menerus menyiksa. Bukan hanya rindu pada salah satu sosok figur anggota keluarga, tapi saya juga rindu dengan kebersamaan dan kehangatan kami pada saat di kota tersebut. 

Memang benar seperti yang diucapkan orang lain, setiap sudut kota Yogyakarta memiliki kenangan yang berarti.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengidentifikasi Metafora, Metanimi dan Mitos pada jurnal

ANALISIS SEMIOTIKA DALAM SERIAL ANIME JUNJI ITO MANIAC: JAPANESE TALES OF THE MACABRE

Abstrak Penelitian Anime "Junji Ito Maniac"